You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
bibit ikan
bibit ikan .
photo Desri Arfin - Beritajakarta.id

25 Ribu Bibit Ikan Siap Disebar di Jakbar

Untuk meningkatkan produksi ikan Sudin Peternakan dan Perikanan Jakarta Barat berencana memberikan 25.000 ribu bibit ikan kepada kelompok budidaya ikan di Situbulak Kecamatan Cengkareng dan Situgantung Kecamatan Kalideres. Bibit ikan yang akan disebar terdiri dari 3 varietas unggulan yaitu ikan lele, ikan patin dan nila.

Kita ada 40 empang budidaya ikan konsumsi, setiap bulan kita berhasil panen sebanyak 1 ton untuk 3 jenis varietas ikan yaitu ikan nila, ikan patin dan ikan lele

"Guna meningkatkan produksi ikan konsumsi dan ikan hias kita akan berikan bibit sebanyak 25.000 kepada kelompok budidaya binaan di 2 kecamatan yaitu Kalideres dan Cengkareng," ujar Devi Lidia, Kasie Perikanan Sudin Peternakan dan Perikanan Jakarta Barat, Senin (16/6)

Selain memberikan 25.000 bibit ikan, pihaknya juga akan menambah dan memperbaiki sarana dan prasarana 40 empang budidaya ikan yang tersebar di Kecamatan Kalideres. Selama ini 40 empang tersebut telah berhasil memproduksi ikan sebanyak 1 ton perbulan dengan masing-masing varietes unggulan. Diharapkan dengan adanya sejumlah perbaikan dan penambahan tambak akan memperkuat ketahanan pangan khususnya ikan di wilayah Jakarta Barat.

Laut Jakarta Tercemar, Tangkapan Nelayan Menyusut

"Kita ada 40 empang budidaya ikan konsumsi, setiap bulan kita berhasil panen sebanyak 1 ton untuk 3 jenis varietas ikan yaitu ikan nila, ikan patin dan ikan lele " kata Devi.

Nantinya ikan hasil panen tersebut akan ditingkatkan nilai ekonomisnya dengan diolah menjadi ikan presto, abon ikan dan beberapa makanan siap saji seperti nugget dan bakso, sehingga harganya pun akan meningkat.

Devi mengakui saat ini ada beberapa kendala dalam meningkatkan kualitas dan hasil produksi ikan konsumsi dan ikan hias yaitu terbatasnya lahan yang ada di Jakarta Barat. Tercatat, dari 8 kecamatan yang ada hanya 2 kecamatan yang bisa digunakan sebagai lahan perikanan yaitu di Kalideres dan Cengkareng.

"Hanya ada 2 kecamatan yang bisa digunakan sebagai tempat budidaya ikan hias dan ikan konsumsi, kita harapkan akan ada penambahan lahan guna menaikkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) wilayah dan ketahanan pangan di wilayah Jakarta Barat," harap Devi.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1228 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1156 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1129 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1101 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1061 personNurito